A.
MENGENAL
PENCAHAYAAN
S
|
alah
satu unsur penting dalam pementasan teater adalah tata cahaya atau lighting.
Lighting adalah penataan peralatan pencahayaan, dalam hal ini adalah untuk menerangi
panggung untuk mendukung sebuah pementasan. Sebab, tanpa adanya cahaya, maka
pementasan tidak akan terlihat. Secara umum itulah fungsi dari tata
cahaya. Dalam teater, lighting terbagi menjadi dua yaitu:
- Lighting sebagai penerangan.
Yaitu fungsi lighting yang hanya sebatas menerangi panggung beserta
unsur-unsurnya serta pementasan dapat terlihat.
- Lighting sebagai pencahayaan.
Yaitu fungsi lighting sebagai unsur artisitik pementasan. Yang satu
ini, bermanfaat untuk membentuk dan mendukung suasana sesuai dengan
tuntutan naskah.
Dalam seni pertunjukan, tata cahaya
berada dalam disiplin teknik produksi bersama dengan tata pentas, kriya
panggung (stage craft) dan hal hal lain yang bersifat sebagai pendukung visual
suatu pergelaran.
Dalam
tata cahaya ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan, antara lain :
- Tersedianya peralatan dan perlengkapan. Yaitu tersedianya cukup
lampu, kabel, holder dan beberapa peralatan yang berhubungan dengan lighting
dan listrik. Tidak ada standard yang pasti seberapa banyak perlengkapan
tersebut, semuanya bergantung dari kebutuhan naskah yang akan dipentaskan.
- Tata letak dan titik fokus. Tata letak adalah penempatan
lampu sedangkan titik fokus adalah daerah jatuhnya cahaya. Pada umumnya,
penempatan lampu dalam pementasan adalah di atas dan dari arah depan
panggung, sehingga titik fokus tepat berada di daerah panggung. Dalam
teorinya, sudut penempatan dan titk fokus yang paling efektif adalah 450
di atas panggung. Namun semuanya itu sekali lagi bergantung dari
kebutuhan naskah. Teori lain mengatakan idealnya, lighiting dalam
sebuah pementasan (apapun jenis pementasan itu) tatacahaya harus menerangi
setiap bagian dari panggung, yaitu dari arah depan, dan belakang, atas dan
bawah, kiri dan kanan, serta bagian tengah.
- Keseimbangan warna. Maksudnya adalah keserasian penggunaan warna cahaya
yang dibutuhkan. Hal ini berarti, lightingman harus memiliki
pengetahuan tentang warna.
- Penguasaan alat dan perlengkapan. Artinya lightingman
harus memiliki pemahaman mengenai sifat karakter cahaya dari perlengkapan
tata cahaya. Tata cahaya sangat berhubungan dengan listrik, maka
anda harus berhati-hati jika sedang bertugas menjadi light setter
atau penata cahaya.
- Pemahaman naskah. Artinya lightingman harus paham mengenai
naskah yang akan dipentaskan. Selain itu, juga harus memahami maksud dan
jalan pikiran sutradara sebagai ‘penguasa tertinggi’ dalam pementasan.
Dalam
sebuah pementasan, semua orang memiliki peran yang sama pentingnya antara satu
dengan lainnya. Jika salah satu bagian terganggu, maka akan mengganggu jalannya
proses produksi secara keseluruhan. Begitu pula dengan “tukang tata cahaya’.
Dia juga menjadi bagian penting selain sutradara dan aktor, disamping make up,
stage manager, dan unsur lainnya. Dengan kata lain, lightingman juga
harus memiliki disiplin yang sama dengan semua pendukung pementasan.
Studi utama dari penataan cahaya adalah
alam beserta seluruh isinya. Karena penataan cahaya di atas pentas adalah
peniruan dari apa yang terjadi di alam semesta raya ini. Dari sumber cahayanya,
cahaya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
1.
Cahaya
langsung
Cahaya
yang berasal dari matahari dengan segala pantulannya.
2.
Cahaya
Tak Langsung
Cahaya yang
berasal dari bulan dengan segala macam pantulannya.
Aplikasi dari sumber pencahayaan alam
tersebut diatas pentas menjadi sebagai berikut:
- Key Light
- Key Light
Cahaya utama yang berasal dari lampu-lampu type
profile, lekolite maupun ellipsoidale. Karakter cahayanya tajam dengan pendaran
cahaya yang dapat dibuat amat tajam maupun menyebar karena adanya lensa planno
convex yang dapat diatur jaraknya dengan sumber cahaya. Biasanya digunakan
untuk mencahayai wilayah yang khusus dan pemakaian yang spesial.
-
Fill Light
Cahaya
pengisi yang berasal dari lampu-lampu fresnell dan flood. Karakter cahayanya
lembut dan merata dari pusat hingga pinggir, karena sumber cahayanya dipecah
oleh lensa sperikel, namun cahayanya dapat dipusatkan maupun disebar dengan
mengatur jarak lensanya dengan sumber cahayanya. Biasanya digunakan untuk
mendapatkan suasana dengan menyiram panggung dengan warna- warna hangat maupun
dingin.
U
|
ntuk mencapai hasil yang maksimal
tentang system tata cahaya, penata cahaya harus mempunyai pengetahuan yang
cukup mengenai sistem jaringan listrik dan segala aturan keselamatan pemasangan
listrik.
Distribusi cahaya menjadi bagian yang
penting dalam perencanaan tata cahaya agar seluruh wilayah permainan dapat
tercahayai, sehingga perubahan gerak dan ekspresi wajah dapat diamati oleh
penonton dengan baik.
Melihat posisinya terhadap pentas, maka
pencahayaan dapat dibagi menjadi:
- Front Light
- Front Light
Cahaya
yang berasal dari depan pentas yang bertujuan untuk membuat wajah dapat
terlihat dari penonton. Jarak sumber cahaya dan objek cukup jauh maka
diperlukan profile, lekollite, ellipsoidale agar cahaya dapat dikendalikan,
karena dengan menggunakan shutter cahaya yang menerpa dinding proscenium dapat
dihilangkan
-
Over Head
Cahaya
berasal dari atas kepala pemain dengan tujuan mencahayai area panggung dari
atas. Area khusus bagi pemain dengan menjatuhkan cahaya tegak lurus diatas
kepala pemain (downlight) meskipun beresiko bohlam menjadi lebih mudah putus
oleh panas yang tidak tersalur akibat posisi tersebut. Karena jarak yang tidak
terlalu jauh,type Fresnell dan Plano Convex (PC) menjadi pilihan. Namun karena
pertimbangan ekonomis PAR CAN Medium menjadi alternatif.
-
Down Light
Area
khusus bagi pemain dengan menjatuhkan cahaya tegak lurus diatas kepala pemain,
meskipun beresiko bohlam menjadi lebih mudah putus oleh panas yang tak tersalur
akibat posisi tersebut. PC, Fresnell dan Lekolite menjadi pilihan, namun PAR
CAN Very Nerrow dapat menjadi alternatifnya.
-
Back Light
Cahaya
yang berasal dari belakang pemain yang membuat bagian atas pemain menjadi lebih
terang dibanding bagian lain, dengan demikian pemain seakan-akan tidak menempel
dengan backdrop. Fresnell dan PAR Can Medium menjadi pilihannya.
-
Side Light
Cahaya
berasal dari samping yang berguna mencahayai sisi kiri atau kanan pemain.
Cahaya ini amat dibutuhkan untuk karya tari utamanya balet karena banyak
gerakan angkat kaki dan lompat.
-
Cyclorama
Cahaya
yang lembut dari atas (upper horizone) dan dari lantai panggung ( lower
horizone) yang berfungsi memberikan cakrawala dan perubahan-perubahan suasana.
Flood dan Striplight dengan berbagai variasinya menjadi pilihan.
Sekian ilmu yang dapat saya sampaikan semoga dengan tulisan ini bagi para pembaca mendapatkan kemudahan dalam keperluannya....
jangan lupa tinggalkan komentarnya :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar